Text
Peran kepala sekolah dalam supervisi pengajaran di sekolah menengah atas Islam panglima besar Soedirman 2 Bekasi
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul Peran Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pengajaran di SMA Islam Panglima Besar Soedirman 2 Bekasi bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai evaluasi kinerja guru, strategi pemecahan masalah mengajar, serta pembinaan perbaikan mengajar guru. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2016 hingga Mei 2016 menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, evaluasi kinerja dalam mendiagnosis masalah guru dilakukan oleh kepala sekolah dan para wakil kepala sekolah secara kontinyu. Dilaksanakan setiap tahun pada pertengahan semester satu. Evaluasi kinerja diawali dengan sosialisasi jadwal supervisi kepada guru sekaligus menyepakati aspek dan komponen penilaian, pra observasi kelas, pass observasi kelas, questionnaire berupa penilaian proses pembelajaran oleh siswa. Mekanisme selanjutnya adalah kepala sekolah berperan sebagai advisor atau pemberi saran alternatif pemecahan masalah bagi guru. Rekomendasi program yang ditawarkan antara lain melaksanakan pelatihan sesuai dengan prioritas perbaikan masing-masing guru. Berdasarkan strategi pemecahan masalah mengajar dilakukan pembinaan perbaikan mengajar oleh kepala sekolah. Program pembinaan yang ditawarkan seperti rapat kerja, In Service Training, pelatihan tingkat kabupaten dan provinsi, MGMP tingkat kabupaten, serta Pendampingan In on In dilakukan agar guru dapat mengaktualisasi dirinya. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini sebaiknya kepala sekolah dapat mempertahankan kualitas dan kuantitas pelaksanaan supervisi pengajaran secara kontinyu. Pemantauan setelah pembinaan harus lebih efektif dijalankan.
Kata Kunci : Supervisi Pengajaran, Kepala Sekolah.
Bibliografi : lembar 113-115
SS00011642 | SK 11642 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain