Text
Evaluasi program supervisi akademik kepala sekolah menengah atas 28 oktober 1928 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian evaluasi program supervisi akademik ini dilaksanakan di SMA 28 Oktober 1928 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program supervisi akademik. Penelitian dilaksanakan sejak bulan Oktober 2015 sampai Mei 2016. Penelitian Evaluasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah SMA 28 Oktober Jakarta ini menggunakan pendekatan kualitatiif deskriftif, model desain penelitian yang digunakan yaitu model evaluasi CIPP yang terdiri dari empat komponen evaluasi yaitu konteks, masukan, proses, dan hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi terhadap konteks : bahwa latar belakang supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru guna peningkatan mutu pendidikan sedangkan tujuan supervisi akademik adalah untuk meningkatkan kualitas mengajar guru. Dasar hukum dalam program supervisi akademik adalah peraturan menteri pendidikan no.13 th 2007 tentang standar kepala sekolah bahwa setiap kepala sekolah harus memiliki dimensi kompetensi supervisi. Ruang lingkup supervisi akademik sudah sesuai yaitu pelaksanaan pengajaran yang dilakukan guru di kelas, penggunaan kurikulum yang sesuai, penggunaan metode, teknik, dan media pembelajaran yang tepat, serta perangkat pembelajaran yang baik. Hasil penelitian evaluasi input terdiri dari kepala sekolah dan guru sudah memahami tugasnya dalam supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan program yang sudah direncanakan dengan baik serta merupakan salah satu program kerja tahunan kepala sekolah. Terdapat dua teknik supervisi akademik yaitu teknik individu dan teknik kelompok. Hasil evaluasi proses yaitu pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dengan mengamati guru mengajar di kelas serta tindak lanjut berupa pemberian bimbingan dalam rangka peningkatan kompetensi mengajar guru. Hasil penelitian evaluasi produk yaitu guru dapat membuat perangkat pembelajaran dengan baik, meningkatnya kemampuan guru dalam mengajar, dan memperbaiki kerja guru dalam memfasilitasi siswa belajar.
Kata kunci: Evaluasi, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Profesionalisme
Bibliografi : lembar 143-144
SS00011641 | SK 11641 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain