Text
Pengaruh metode index card match terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 7 Bekasi
ABSTRAK
Triwahyuningsih, Erny. 2016. Pengaruh Metode Index Card Match terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa pada Siswa Kelas X SMAN 7 Bekasi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Pembimbing: (I) Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., (II) Dra. Suhertuti, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks laporan hasil obervasi oleh siswa kelas X SMAN 7 Bekasi. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 dan X IIS 3 SMAN 7 Bekasi yang berjumlah 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan cara menilai satu persatu tulisan siswa berdasarkan kriteria penilaian masing-masing aspek, kemudian mencari nilai rata-rata data untuk mengetahui kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas X IIS 3 SMAN 7 Bekasi dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Index Card Match dapat meningkat dibanding dengan kelas IIS 2 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 60, namun nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 73. Sementara itu, nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 52,2, namun nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 68,6. Dari hasil penelitian ini guru bahasa Indonesia SMAN 7 Bekasi dapat menggunakan metode pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa.
Kata Kunci: kemampuan, menulis teks laporan hasil observasi, metode, Index Card Match
Bibliografi : lembar 155
SS00011634 | SK 11634 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain