Text
Fenomena bullying di kalangan pelajar : studi kasus di sekolah menengah pertama negeri 119 Jl. Harapan Jaya IX no. 5 Cempaka Baru, Kemayoran Jakarta Pusat
ABSTRAK
Yosi Afriani, FENOMENA BULLYING DI KALANGAN PELAJAR (Studi
Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 119 Jl. Harapan Jaya IX No.5
Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta). Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta,
2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk, karakter
pelaku, korban dan penyebab bullying serta mengatasi perilaku bullying di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 119 Jl. Harapan Jaya IX No.5 Cempaka
Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP Negeri
119 Jakarta. Setelah melakukan observasi awal dan wawancara pada beberapa
orang guru maka subjek penelitian dipersempit menjadi guru BK, wali kelas dan
guru pendidikan jasmani, siswa kelas VII dan siswa kelas VIII, yaitu H dan H
(Kakak beradik), BAR, DSP, GAP, dan DS. Lokasi penelitian adalah di
lingkungan Sekolah SMP Negeri 119, dengan menggunakan pendekatan
Deskriptif Kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi
non partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi dan catatan lapangan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying mewujud dalam tiga bentuk
perilaku, yakni secara fisik (menjegal, jambak, menendang, memukul, hingga
memegang dada), verbal (berkata kasar memaki, mengancam, menyoraki,
mengolok-olok, mengejek, dan berkata hal-hal jorok) dan psikologis (membuat
seolah-olah temannya bersalah dan dirty looks). Pelaku bullying memiliki postur
tubuh yang tinggi dari teman-temannya, temperamen dan sering bertindak fisik.
Korban bullying sangat beragam yakni: ada yang sering membantah, menuruti
semua perintah, sombong dan susah beradaptasi. Faktor-faktor yang menyebabkan
bullying berasal dari keluarga, lingkungan pergaulan, media/tayangan dan iklim
sekolah.
Kata kunci: perilaku, guru, siswa, bullying
Bibliografi : lembar 133-134
SS00011677 | SK 11677 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain