Text
Pengembangan komik berbasis peta konsep sebagai media pembelajaran pada materi sistem saraf di SMA
ABSTRAK
AYU INDRASWARY. Pengembangan Komik Berbasis Peta Konsep sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Saraf di SMA. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Komik merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Ketertarikan elemen visual pada komik dapat membantu siswa dalam mempelajari konsep Biologi yang rumit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik berbasis peta konsep sebagai media pembelajaran pada materi Sistem Saraf. Penelitian ini dilakukan pada April-Juni 2016 di SMAN 91 Jakarta, menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Terdapat enam tahapan penelitian yang telah dilakukan secara berurutan: identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, pengembangan materi, penulisan alat ukur keberhasilan, pengembangan media, serta uji coba dan revisi. Produk yang telah dikembangkan memperoleh penilaian pada semua uji dengan interpretasi sangat baik. Rata-rata persentase uji kelayakan pada ahli, ahli materi, kelompok kecil siswa, uji lapangan, uji kelayakan pada guru Biologi secara berturut-turut adalah 86,5%, 92,6%, 85,4%, 85,7%, dan 85,5%. Rata-rata persentase skor pada keseluruhan uji kelayakan adalah sebesar 87,1%, yang mengindikasikan bahwa produk yang dikembangkan mendapat interpretasi sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran komik berbasis peta konsep pada materi Sistem Saraf layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi Sistem Saraf di SMA.
Kata kunci: komik, media pembelajaran, Sistem Saraf.
Bibliografi : lembar 81-84
SS00011219 | SK 11219 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain