Text
Pengaruh teknik go to your post (bergerak ke arah yang dipilih) dengan media tayangan on the spot terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 99 Jakarta
ABSTRAK
Ayudhya Rachmawati Pengaruh Teknik Go To Your Post (Bergerak Ke Arah Yang Dipilih) Dengan Media Tayangan On The Spot Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 99 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik pembelajaran Go To Your Post (bergerak ke arah yang dipilih) dengan media tayangan On The Spot terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 99 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Control-Group Pre test - Post test. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang masing-masing terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan teknik pembelajaran Go To Your Post dengan media tayangan On The Spot sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan metode konvensional yaitu seperti, ceramah. Hasil dari kedua proses pembelajaran tersebut kemudian dibandingkan dan dilihat apakah ada atau tidak pengaruh antara kelas yang menggunakan teknik Go To Your Post dengan media tayangan On The Spot dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kegiatan menulis teks eksplanasi. Pada uji normalitas diperoleh hasil pada kelas eksperimen dengan Lo sebesar 0,0419 dan untuk kelas kontrol dengan Lo sebesar 0,1257, sementara Lt pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,161. Dari hasil uji normalitas tersebut Lo lebih kecil daripada Lt, maka disimpulkan bahwa sampel pada penelitian ini berdistribusi normal. Pada uji homogenitas digunakan uji fisher, hasilnya sampel berasal dari varians yang sama atau homogen dengan perolehan Fhitung sebesar 0,339, dan Ftabel sebesar 2,41 dengan derajat kebebasan 29. Kemudian hasil uji-t menghasilkan thitung sebesar 10,461 dan ttabel sebesar 2,000 dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil uji-t tersebut karena thitung > dari ttabel, maka hipotesis penelitian (H1) diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan teknik Go To Your Post dengan media tayangan On The Spot terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 99 Jakarta. Pada kelas eksperimen memiliki nilai ideal 80. Terdapat 70 % siswa yang dapat mencapai nilai ideal, dan terdapat 30 % siswa yang belum mencapai ideal. Teknik Go To Your Post dengan media tayangan On The Spot dapat diimplikasikan untuk materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang sifatnya teoretis dengan menyesuaikan tema pada materi pembelajaran. Saran yang dapat diberikan yaitu pergunakanlah teknik Go To Your Post dengan media tayangan On The Spot dalam pembelajaran menulis, khususnya pada jenjang SMP, karena dengan menggunakan teknik Go To Your Post dapat merangsang minat awal siswa dalam materi pelajaran, sehingga siswa dapat berpikir kritis dan kreatif, dan media tayangan On The Spot akan membantu siswa dalam menemukan inspirasi ide sehingga siswa dapat mengembangkan ide atau gagasan.
Kata kunci : Teknik Go To Your Post, media tayangan On The Spot, kemampun menulis teks eksplanasi.
Bibliografi : lembar 220-221
SS00011639 | SK 11639 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain