Text
Analisis struktur teks pada buku pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas VII SMP
ABSTRAK
RIA MUTIARA. 2016. Analisis Struktur Teks pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun akademik 2015-2016 pada Januari – Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif dengan teknik analisis isi. Objek penelitian ini adalah teks-teks dalam Buku Penilaian Autentik (BUPENA) Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs. Fokus penelitian ini adalah genre teks, subgenre teks, jenis teks, dan struktur teks. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 35 data teks berdasarkan genre teks, yaitu 7 data teks (20%) bergenre sastra/penceritaan dengan 5 data teks (14%) subgenre naratif dan 2 data teks (6%) subgenre nonnaratif, 16 data teks (46%) bergenre faktual dengan 16 data teks (46%) subgenre laporan dan 0 data teks (0%) subgenre arahan/prosedural, dan 12 data teks (34%) bergenre tanggapan dengan 0 data teks (0%) subgenre transaksional dan 12 data teks (34%) subgenre ekspositori. Terdapat 31 data teks berdasarkan jenis teks, yaitu 7 data teks (23%) laporan hasil observasi dengan struktur teks lengkap yaitu, judul, klasifikasi umum, dan uraian bagian-bagain, 7 data teks (23%) deskripsi dengan struktur teks lengkap yaitu, judul penyataan umum, uraian bagian-bagian, 8 data teks (26%) eksposisi dengan struktur teks lengkap yaitu, judul, tesis, argumen, dan reiterasi, 4 data teks (13%) eksplanasi dengan struktur teks lengkap yaitu, judul, pernyataan umum, dan penjelasan, dan 5 data teks (16%) cerita pendek dengan struktur teks lengkap yaitu,judul, pengenalan/orientasi, masalah/komplikasi, pemecahan masalah/resolusi. Dari hasil penelitian tersebut, dapat dilihat bahwa buku tersebut lebih banyak menggunakan teks bergenre faktual dengan subgenre laporan (46%), dan teks berjenis eksposisi (26%) dengan struktur teks yang lengkap. Implikasi dari penelitian ini, dapat digunakan oleh penulis buku lain yang akan menyajikan materi teks Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 khususnya kelas VII SMP/MTs.
Kata kunci: Teks, Struktur Teks, Kurikulum 2013
Bibliografi : lembar 93-94
SS00011640 | SK 11640 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain