Text
Analisis cacat sintaksis bahasa tulis pada anak tunarungu di SLB
ABSTRAK
SABILA JANNAH. Analisis Cacat Sintaksis Bahasa Tulis pada Anak Tunarungu di SLB. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juni 2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan bahasa tulis atau cacat sintaksis, baik dari segi fonologis, morfologis, atau tataran utuh sintaksis itu sendiri, serta faktor yang melatarbelakangi kesulitan anak tunarungu dalam menulis. Hal itu berdasarkan latar belakang fakta dan penelitian sebelumnya bahwa sebagian besar anak penderita tunarungu mengalami kesulitan dalam mengekspresikan dirinya melalui tulisan, dikarenakan cacat pada alat pendengaran tersebut menyebabkan terhambatnya komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah banyaknya kesalahan sintaksis dalam bahasa tulis anak tunarungu di SLB-B Kuntum Mekar Jakarta.
Dari hasil analisis cacat satuan sintaksis dapat dilihat bahwa ditemukan 160 kata mulai dari cacat fonologi, morfologi, dan sintaksis. Siswa tunarungu yang mengalami gangguan paling banyak adalah Julia Wardhani dengan 10 data kesalahan. Cacat satuan sintaksis yang paling banyak ditemukan kesalahan adalah cacat sintaksis, atau pembentukan kalimat secara utuh. Hal ini disebabkan anak tunarungu tidak dapat menempatkan struktur kalimat atau pola SPOK dengan benar, sehingga kalimat menjadi ambigu dan tidak bermakna. Selain itu, penyebabnya dapat terjadi dalam lingkup eksternal maupun internal. Dalam lingkup internal yaitu diri anak tunarungu itu sendiri yang memang kemampuan dalam menulisnya sangat kurang dikarenakan rusaknya alat dengar yang membuat ia menerima informasi lebih lambat dari orang normal dan kesulitan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Sedangkan dalam lingkup eksternal anak tunarungu yaitu diantaranya keluarga di rumah ataupun guru di sekolah belum menerapkan metode pengajaran yang sesuai dan efisien agar siswa tunarungu mampu menyampaikan gagasannya melalui tulisan dengan susunan dan urutan kata yang benar.
Kata Kunci: cacat satuan sintaksis, tunarungu
Bibliografi : lembar 131-132
SS00011595 | SK 11595 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain