Text
Pengaruh metode student-created dengan media teks terprogram terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 167 Jakarta
ABSTRAK
Widiya Kurnia Ningrum. 2016. Pengaruh Metode Student Created Case Studies dengan Media
Teks Terprogram Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri
167 Jakarta. Skripsi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode
pembelajaran student created case studies melalui media teks terprogram terhadap keterampilan
menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 167 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada
tahun ajaran 2015/2016, semester 2 pada bulan Februari di kelas VIII. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Prettest-Posttest Control Group Design. Uji homogenitas dilakukan dengan
menggunakan uji Fisher. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh F hitung sebesar 1,26 dan F tabel
sebesar 1,74 dengan dk = 35 ; 35 dan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan F hitung
1,26 < F tabel 1,74. Jadi, sampel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki varians yang
homogen. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors. Hasil perhitungan uji
normalitas postes eksperimen diperoleh L hitung sebesar 0,001109344 dan L tabel sebesar
0,14766667 dengan dengan dk = 36 dan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan L
hitung 0,001109344 < L tabel 0,14766667. Jadi, sampel yang digunakan dalam postes eksperimen
memiliki data yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji normalitas postes kontrol
diperoleh L hitung sebesar -0,02613269 dan L tabel sebesar 0,14766667 dengan dengan dk = 36
dan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan L hitung -0,02613269 < L tabel 0,14766667.
Jadi, sampel yang digunakan dalam postes kontrol juga memiliki data yang berdistribusi normal.
Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh T hitung sebesar 6,167 T tabel sebesar 1,994 dengan cara
melihat tabel t pada dk = 70 dan taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan T hitung 6,167
> T tabel 1,994. Jadi, dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak, artinya ada pengaruh metode student
created case studies dengan media teks terprogram terhadap keterampilan menulis teks berita
siswa kelas VIII SMP Negeri 167 Jakarta. Implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia,
guru dapat menggunakan metode student created case studies melalui media teks terprogram
pada Kurikulum 2013, dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Metode pembelajaran
student created case studies melalui media teks terprogram membantu siswa memikirkan
informasi yang baru diterima melalui membaca, dapat memperkuat kemampuan
mengembangkan berbagai topic dan memberi motivasi kepada siswa untuk menuangkan gagasan
dalam bentuk tulisan. Saran yang dapat diberikan adalah pada saat penerapan metode student
created case studies melalui media teks terprogram, guru bertindak sebagai motivator,
memonitor, dan menstimulus siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga siswa
memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : metode student created case studies, media teks terprogram, menulis teks berita.
Bibliografi : lembar 181-183
SS00011684 | SK 11684 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain