Text
Pengembangan pedagogical content knowledge(PCK) calon guru kimia menggunakan content representation (core) framework dan pedagogical and professional-Experience repertoires(Pap-eRs) pada materi asam basa
ABSTRAK
SERFIKA RAHMAWATI. Pengembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Kimia Menggunakan Content Representation (CoRe) Framework dan Pedagogical and Professional-Experience Repertoires (PaP-eRs) Framework Pada Pembelajaran Kimia. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru kimia menggunakan Content Representation (CoRe) framework dan Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs)Framework pada materi asam basa. Dalam pembelajaran di kelas calon guru masih belum mempunyai pengalaman melakukan pembelajaran asam basa untuk itu diperlukan informasi dari guru berpengalaman berupa Content Representation (CoRe) framework berisi konten penting apa saja yang terdapat pada materi asam basa dan berupa Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs)Framework untuk mendapatkan masukan dari siswa, guru berpengalaman, dan juga refleksi diri guru untuk meningkatkan PCK calon guru.
Calon guru diharapkan memiliki gambaran pada saat melakukan pembelajaran dikelas menggunakan CoRe framework kemudian dengan Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs)Framework melakukan perbaikan dari setiap penbelajaran yang dilakukan. Penelitian dilaksanakan di SMAN 48 dan SMAN 88 Jakarta pada bulan Desember 2016 sampai Juni 2016. Metodologi yang digunakan adalah interpretive research dengan menggunakan paradigma penelitian interpretivism paradigm yaitu informasi mendalam berdasarkan sudut pandang subjek yang menjalani pengalaman kehidupan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa calon guru dapat meningkatkan PCKnya setelah berdiskusi dengan guru berpengalaman. Manfaat yanng didapatkan dari berdiskusi yaitu berupa masukan, saran yang sangat membantu calon guru untuk mengembangkan PCK karena calon guru mendapatkan banyak sekali informasi tidak hanya berkaitan dengan materi namun juga metode, strategi, kesulitan dalam mengajar suatu topik serta memahami karakteristik peserta didik.
Kata kunci : Pedagodical Content Knowledge, Content Representation, Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs), Asam Basa
Bibliografi : lembar 160-162
SS00011791 | SK 11791 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain