Text
Pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project dengan pendekatan kontekstual terhadap kemempuan pemahaman konsep matematis siswa
Abstrak
Arum Wulandari. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
dengan Pendekatan Kontesktual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis Siswa di SMP Negeri 216 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan
model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan
kontekstual lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang memperoleh
pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMPN 216 Jakarta
semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah quasi
experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Two Stage
Sampling, yaitu purposive sampling dan cluster random sampling. Kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi
normal, memiliki varians yang homogen, dan mempunyai kesamaan rata-rata.
Instrumen tes yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep
matematis sebanyak empat soal uraian. Instrumen tersebut telah melalui uji
validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas
dilakukan dengan menggunakan Cronbach’s Alpha dan diperoleh reliabilitas
sebesar dengan kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen (pembelajaran MMP
dengan pendekatan kontekstual) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional)
berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05.
Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 2,4273 dan ttabel = 1,667. Karena
thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran
matematika dengan model pembelajaran MMP dengan pendekatan kontekstual
lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan
model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Missouri
Mathematics Project dengan Pendekatan Kontesktual,
Pembelajaran Konvensional.
Bibliografi : lembar 65-67
SS00011793 | SK 11793 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain