Text
Pengaruh model pembelajaran problem based instruction dengan metode two stay two stray terhadap hasil belajar kimia pada materi redoks
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI REDOKS
Dwi Rahmawati
Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No 10, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia
Corresponding author: dwirahmawati72@ymail.com (Dwi Rahmawati)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Instruction dengan Metode Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Redoks. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 89 Jakarta. Responden yang dijadikan sampel adalah siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah 36 siswa dan siswa kelas XI MIA 3 yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Purpossive Sample. Penelitian ini dilakukan dengan metode Quasi-Eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 82,44 dan kelas kontrol 74,67, terihat bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = 11,3156 dan ttabel = 1,9944. Oleh karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem based Instruction dengan Metode Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Redoks.
Kata kunci : Problem based Instruction, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Redoks.
Bibliografi : lembar 71-73
SS00011795 | SK 11795 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain