Text
Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran kooperatif team assissted individualization (TAI) pada meteri Lingkaran untuk siswa kelas 8-3 MTSN 27 Jakarta
ABSTRAK
DINI AMALIA. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Team Assissted Individualization (TAI) pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas 8-3 MTsN 27 Jakarta.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif Team Assissted Individualization (TAI) di kelas 8-3 MTsN 27 Jakarta. Peneliti mengambil tujuh indikator pembelajaran pada pemahaman konsep, yaitu menyatakan ulang sebuah konsep; mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya; memberi contoh dan non contoh dari konsep; menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep; menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu; dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan awal siswa, tes tiap akhir siklus, lembar kerja siswa, alat dokumentasi, pedoman wawancara, lembar observasi, dan pedoman catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes awal pada kegiatan pendahuluan, memberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematika pada tiap akhir siklus, observasi, wawancara, dokumentasi selama proses pembelajaran, dan data mahasiswa sebagai peneliti dengan merefleksikan PTK guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif Team Assissted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes akhir yang diberikan pada setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir pemahaman konsep matematika siswa kelas 8-3 pada siklus I adalah 69.2, pada siklus II meningkat menjadi 70.2, dan pada siklus III meningkat menjadi 80.8. Kemudian jumlah siswa yang sudah mencapai KKM juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 54.3%, pada siklus II meningkat sebanyak 65.7%, dan pada siklus III meningkat sebanyak 97%.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Team Assissted Individualization (TAI), Lingkaran
Bibliografi : lembar 124-126
SS00011798 | SK 11798 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain