Text
Pengaruh perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 47 Jakarta tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
BAMBANG TRIANTORO. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Fasilitas
Belajar Terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntasi Siswa Kelas X Akuntansi
SMKN 47 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan
fasilitas belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi siswa kelas X akuntansi
SMKN 47 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMKN 47 Jakarta. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik
pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMKN 47 Jakarta yang berjumlah
108 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random
sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 84 siswa. Data dari variabel X1
tentang perhatian orang tua dan data variabel X2 tentang fasilitas belajar merupakan
data primer berbentuk kuesioner sedangkan data variabel Y tentang hasil belajar
merupakan data sekunder berupa nilai ulangan harian dan nilai ulangan tengah
semester. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis
data diketahui bahwa ada pengaruh positif secara parsial antara perhatian orang tua
dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai
thitung sebesar 3,476 lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. Fasilitas belajar secara
parsial juga terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil
analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,829 lebih besar dari ttabel
sebesar 1,989. Secara simultan terdapat pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas
belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang
menunjukkan nilai Fhitung sebesar 20,753 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,11.
Terdapat pengaruh yang positif antara perhatian orang tua dan fasilitas belajar
terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,582 dengan demikian
hipotesis penelitian diterima. Selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2)
sebesar 33,9%. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa perlu
diperhatikan adanya tingkat perhatian orang tua dan fasilitas belajar yang memadai.
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Fasilitas Belajar, Hasil belajar
Bibliografi : lembar 120-124
SS00011743 | SK 11743 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain