Text
Upaya meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan ( make a match ) : penelitian tindakan kelas di PAUD ayah bunda, Cililitan Jakarta Timur
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
berbicara anak usia 4-5 tahun melalui model pembelajaran kooperatif teknik
mencari pasangan (make a match) di PAUD A yah Bunda, Cililitan, Jakarta
Timur. Model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a
match) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong
anak untuk mampu berbicara.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) secara kolaboratif dengan model Kemmis & Mc Taggart. Setiap
siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 9
anak. Tindakan yang diberikan yaitu melalui model pembelajaran kooperatif
teknik mencari pasangan (make a match). Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan
berbicara anak telah mencapai 71%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
berbicara anak melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari
pasangan (make a match) di PAUD Ayah Bunda. Hal ini dibuktikan dengan
adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada pra tindakan
sebesar 40,1%, meningkat menjadi 58,4% pada tindakan siklus I, dan
mencapai 84,9% pada tindakan siklus II. Kemampuan berbicara anak
mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan
melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a
match). Tahapan dari tindakan tersebut yaitu setelah apersepsi, anak
dibagikan kartu, kemudian anak mencari pasangan kartu yang cocok,
kemudian anak menyelesaikan pekerjaan bersama, dan ditutup dengan anak
bercerita bersama pasangannya.
Kata kunci: Kemampuan berbicara, model pembelajaran kooperatif teknik
mencari pasangan (make a match), anak usia 4-5 tahun
Bibliografi : lembar 240-243
SS00011824 | SK 11824 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain