Text
Pengembangan pembelajaran keterampilan berbicara melalui animasi powerpoint untuk siswa kelas X sekolah menengah atas Muhammadiyah 11 jakarta
ABSTRAK
Nuzula Fitriah, 2016. Pengembangan Pembelajaran Keterampilan
Berbicara Melalui Animasi PowerPoint untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Seiring dengan kemajuan zaman, tuntutan untuk mempelajari bahasa asing
semakin penting. Kemampuan berbicara menjadi ujung tombak pembelajaran
bahasa dinilai prioritas untuk dipelajari. Namun, perlu ada inovasi untuk
menghilangkan kendala-kendala berbicara seperti siswa malu dan takut mencoba,
guru yang kurang mumpuni dalam memberikan contoh gaya berbicara penutur
asing, maupun teknik pengajarannya yang kurang mengasyikkan.Tujuan dari
penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran keterampilan berbicara
dengan media PowerPoint, disamping untuk mengetahui karakteristik dan tingkat
validitas media tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and
Development (R&D) berdasarkan model Dick & Carry, yang didahului dengan
analisis kebutuhan penggunaan media untuk kemahiran berbicara bahasa Arab
tingkat menengah atas melalui metode wawancara. Penelitian pengembangan ini
dilakukan berdasarkan prosedur pengembangan yang telah disusun,(1)
Menganalisa kebutuhan, (2) Perencanaan pengembangan Produk, (3)
Pengembangan Produk Awal, (4) Uji Coba Produk Awal, (5) Penyempurnaan
Produk Awal, (6) Uji Coba Produk Yang Telah disempurnakan (7)
Penyempurnaan Produk pengujian produk, (8) Evaluasi oleh ahli materi dan ahli
media. Penilaian ahli media dan ahli materi menunjukkan hasil kesesuaian aspek
penyajian, kelayakan bahasa, dan kontekstual.Dari hasil uji ahli dari pakar desain
media mencapai nilai 94,6%, dari pakar bahasa dan isi media mencapai nilai
96,4%, dan dari lima belas murid mencapai nilai 77% artinya bahan ajar ini sudah
baik untuk diimplementasikan ke siswa kelas X SMA.
Bibliografi : lembar 80
SS00011892 | SK 11892 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain