Text
Peningkatan penggunaan kata ganti dalam kata kerja bahasa Arab dengan metode cooperative learning tipe make match pada siswa di madrasah tsanawiyah Negeri 20 Jakarta
ABSTRAK
Dewi Aristiyana Peningkatan Penggunaan Kata Ganti dalam Kata Kerja Bahasa
Arab dengan Metode Cooperative Learning tipe Make A Match pada Siswa di MTsN.20
Jakarta. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri
Jakarta. April 2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Arab dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model
siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini
dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan di MTsN.20 Jakarta pada bulan Maret- April 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan kata ganti dalam kata kerja bahasa
arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian
ini adalah siswa MTsN.20 Jakarta kelas 7.3 yang berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembar observasi peneliti dan siswa, dan hasil tes belajar siswa.
Pengukuran hasil belajar bahasa Arab dilaksanakan di akhir setiap siklus
penelitian dengan memberikan tes akhir berbentuk pilihan ganda dan jawaban singkat
yang berjumlah 20 soal.
Metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan
kata ganti pada kata kerja Bahasa Arab pada siswa kelas 7.3 di MTsN.20 Jakarta. Hasil yang
diperoleh pada setiap siklus adalah sebagai berikut: siklus I persentase yang diperoleh dari
hasil tes 76,14 % di MTsN.20 Jakarta yaitu sebanyak 31 siswa mencapai nilai KKM 75 dan
memperoleh nilai rata-rata 70 dari jumlah siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan nilai
rata-rata di MTsN.20 Jakarta dengan persentase 84,43 % sebanyak 36 siswa yang mencapai
nilai KKM 75 dan memperoleh nilai rata-rata 80 dari jumlah siswa.
Bibliografi : lembar 77-79
SS00011899 | SK 11899 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain