Text
Peningkatan hasil belajar bahasa Arab menggunakan media power point bagi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 20 Jakarta Timur
ABSTRAK
Dhifa Lestari Nurrizky. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan
Menggunakan Media Power Point Di Mts. Negeri 20 Jakarta Timur. Skripsi.
Jakarta: Fakultas Bahasa Dan Seni.
Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab, dengan
menggunakan media Media Power Point Di Mts. Negeri 20 Jakarta Timur Jakarta
Timur.
Penelitian ini dilaksanakan di Mts Negeri 20, Jakarta Timur. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 1 Tsanawiyah Yang berjumlah 44 Orang.
Pembelajaran Bahasa Arab berlangsung pada Semester 2, Tahun ajaran 2015 -
2016 dengan menggunakan media Power Point sebanyak dua siklus.
Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh saat proses pembelajaran
dengan menggunakan media Power Point pada siklus I hasil belajar Bahasa Arab
pada keterampilan Membaca dan Menulis, 63.64% mencapai 91% pada siklus II.
Pada keterampilan Menyimak dan Berbicara 43.18% mencapai 88.63%. Hasil
instrument pemantau tindakan aktifitas guru pada siklus I yaitu 68.57% dan
mencapai 85.71% pada siklus II. Hasil instrument pemantau tindakan aktifitas
siswa pada siklus I yaitu 54.67% dan mencapai 72% pada siklus II. Dan peneliti
menemukan bahwa penggunaan media Power Point secara terus menerus dapat
menyebabkan siswa menjadi bosan dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti
menggunakan metode yang bermacam-macam dalam penggunaan media Power
Point di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dengan menggunakan
media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab.
Bibliografi : lembar 89-92
SS00011896 | SK 11896 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain