Text
Peningkatan hasil belajar bahasa Arab menggunakan metode saintifik pada siswa kelas IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta
ABSTRAK AMALINA HASANATULRAHMI. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Saintifik Pada Siswa Kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta.Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Juni 2016. Penelitian ini dilakukan di MAN 14 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2015-2016, dengan tujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar bahasa Arab dengan menggunakan metode saintifik pada siswa kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta. Metode Saintifik adalah salah satu metode dalam kurikulum 2013, metode ini memiliki 6 langkah yang harus dilakukan agar metode ini berjalan dengan maksimal. Untuk membuktikan bahwa metode ini mampu meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta. Adapun jumlah siswa sebanyak 40 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc. Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata peningkatan hasil belajar menggunakan metode saintifik pada siswa kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta adalah 77, padasiklus II nilai rata-rata peningkatannya menjadi 84,9. Adapun hasil penemuan penelitian berdasarkan dari dua sumber data yaitu data kualitatif yang diambil dari kegiatan pembelajaran, dan data kuantitatif yang diambil dari hasil tes. Dari data kuantitatif ditemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode saintifik lebih baik dari sebelumnya, dan memberikan efektifitas dan motivasi yang lebih dalam belajar, juga memberikan semangat dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Sedangkan dari data kuantitatif ,terdapat peningkatan yang lebih baik dengan nilai semula sebelum menggunakan metode saintifik adalah 73,9, meningkat menjadi 77 pada siklus I setelah mengunakan metode saintifik dan meningkat menjadi 84,9 pada siklus kedua. Siswa yang memperoleh nilai lebihdari 76 sebanyak 37 anak atau 92,5% dari jumah seluruhya. Berdasarkan ini semua, maka penelitian dikatakan berhasil. Dan dari hasil ini juga menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar bahasa arab dengan menggunakan metode saintifik pada siswa kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta.
Bibliografi : lembar 71-73
SS00011914 | SK 11914 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain