Text
Peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab menggunakan metode saintifik untuk siswa kelas 1 MAN 14 Jakarta
ABSTRAK
SASRAWATI AYUNINGSIH, Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode SaintifikUntuk Siswa Kelas 1 di MAN 14 Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta : Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur pada bulan April – Mei 2016 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan keterampilan membaca Bahasa Arab.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitia tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 1 Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur.
Pengukuran hasil penguasaan pemahaman bacaan dilaksanakan diakhir
kegiatan penelitian dengan memberikan tes penguasaan pemahaman membaca berbentuk pilihan ganda, benar salah dan soal uraian atau essay yang berjumlah 20 soal.
Penelitian tindak kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus
dari Kemmis dan Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui empat tahap
yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata
peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa-siswi Madrasah Aliyah
Negeri 14 Jakarta Timur adalah 73,45. Pada siklus II nilai rata-rata peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 14
Jakarta meningkat menjadi 82,65.
Implikasi hasil penelitian menggunakan Metode Saintifik yang diterapkan dalam peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab pada ujian peningkatan
keterampilan membaca bahasa Arab pada siklus I mencapai rata-rata nilai 73,45.
Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan , karena para siswa-siswi belum beradaptasi dan belum terbiasa dengan metode ini. Pada siklus II peneliti melaksanakan proses pembelajaran membaca bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang membedakan adalah pada siklus I proses
pembelajaran dibentuk secara berkelompok, sedangkan pada siklus II proses pembelajaran terjadi secara tidak berkelompok (mandiri). Peneliti juga menggunakan media pembelajaran. Inilah yang menjadikan siswa mampu untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 82,65, atau indikator pencapaian berhasil diraih, 36 siswa mencapai hasil ujian kurang lebih 78 sehingga 90% dari jumlah siswa mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab
menggunakan metode saintifik di MAN 14 jakarta.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Metode Saintifik berpengaruh
positif terhadap penguasaan keterampilan membaca bahasa Arab siswa-siswi
Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta Timur. Dengan demikian Metode Saintifik ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran membaca sehingga siswa-siswi menjadi senang dan lebih mudah dalam mempelajari bahan bacaan dalam
pelajaran membaca.
Bibliografi : lembar 76-77
SS00011915 | SK 11915 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain