Text
Hubungan antara kesiapan belajar dan hasil belajar bahasa Arab pada mahasiswa jurusan ilmu agama Islam Universitas Negeri Jakarta
Bibliografi : Ada
ABSTRAK
A.Alfan Sabila Haq, Hubungan antara Kesiapan Belajar dan Hasil Belajar Bahasa
Arab pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta.
Skripsi, Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan
belajar dan hasil belajar bahasa Arab mahasiswa, penelitian ini dilakukan di
Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survey dengan teknik
korelasional. Populasinya adalah semua mahasiswa Jurusan Ilmu Agama Islam
Universitas Negeri Jakarta, dengan sampelnya dalah mahasiswa program studi
Penyiaran Islam Jurusan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta angkatan
2015 yang berjumlah 35 mahasiswa.. Teknik pengambilan sampelnya adalah
random sampling atau acak kelompok.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kesiapan belajar adalah
angket yang disebarkan kepada mahasiswa. Sedangkan untuk mengetahui hasil
belajar bahasa Arab yaitu dengan menggunakan hasil nilai Ujian Akhir Semester
(UAS) mata kuliah bahasa Arab yang diberikan oleh dosen pengajar. Teknik
analisis data yang dipergunakan adalah teknik korelasi dan regresi. Data yang
dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan beberapa Uji seperti Uji
Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Linearitas, Uji Regresi dan Korelasi.
Berdasarkan penghitungan Uji Normalitas data X menggunakan Uji
Lilliefors, didapat bahwa Lo = 0,171 < L tabel = 0,174 dan Uji Normalitas data Y
didapat bahwa Lo = 0,167 < L tabel = 0,174, maka data variabel X dan Y
berdistribusi Normal. Nilai Uji Homogenitas sebesar χ2 hitung = -85,46 < χ2 tabel =
27,59, maka data mempunyai Varians yang Homogen. F hitung = 9,52 > Ftabel =
7,47, maka Regresi sangat Signifikan. F hitung 1,976 < F tabel 2,31, maka Regresi
berbentuk Linear.
Setelah melakukan beberapa uji tersebut, maka didapat nilai korelasi
sebesar 0,473. Kemudian t hitung yang didapat dengan menggunakan uji-t sebesar
3,08 lebih besar dari t tabel yaitu 1,69, dengan demikian maka hubungan antara
kesiapan belajar dengan hasil belajar bahasa Arab siswa Signifikan.
Bibliografi : lembar 52-54
SS00011917 | SK 11917 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain