Text
Evaluasi program kurikulum berdasarkan standar isi di sekolah dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi Jakarta
EVALUASI PROGRAM KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR ISI
DI SEKOLAH DASAR NEGERI PISANGAN TIMUR 10 PAGI JAKARTA
ARLYTA DWI ANGGRAINI
ABSTRAK
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum yang
masih digunakan oleh sebagian sekolah yang ada di Indonesia. Sekolah
Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi merupakan salah satu sekolah yang
menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Diberikannya
otonomi dalam pengembangan kurikulum, maka sekolah mendapat tanggung
jawab penuh dalam merancang kurikulum yang akan digunakan dalam satu
tahun ajaran. Tentu dengan memperhatikan kearifan lokal, potensi lokal, dan
kesiapan dari sekolah itu sendiri. Standar isi merupakan salah satu dari 8
Standar Nasional Pendidikan yang di dalamnya terdapat tata cara
perencanaan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini, peneliti
melaksanakan penelitian di Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi
dengan menggunakan metode deskriptif evaluative dan model CIPP
(Context, Input, Process, Product). Peneliti menggunakan model CIPP karena
pembagian keempat komponen yang ada memudahkan peneliti dalam
mengevaluasi standar isi di tempat penelitian. Penelitian yang dilaksanakan
memberikan beberapa gambaran serta beberapa penilaian dari peneliti
sendiri berdasarkan instrumen yang peneliti gunakan di antaranya seperti
kesesuaian pembuatan silabus, media pembelajaran, kualifikasi dan
kompetensi guru, dan 18 komponen akreditasi yang sesuai dengan Badan
Akreditasi Nasional. Hasil yang diperoleh untuk komponen konteks adalah
kesesuaian tujuan, latar belakang, dan prinsip pengembangan kurikulum
sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Untuk komponen input adalah
perangkat pembelajaran dan kualifikasi dan kompetensi guru telah sesuai
dengan ketentuan peraturan. Untuk komponen proses adalah tata cara
perencanaan dan pelaksanaan kurikulum yang sesuai dengan peraturan.
Terakhir yaitu komponen produk dengan 18 komponen standar isi
mendapatkan skor 94,44 yang menandakan bahwa pelaksanaan standar isi
di sekolah ini memenuhi kriteria sangat baik dan direkomendasikan untuk
digunakan kembali pada tahun ajaran berikutnya.
Kata Kunci : Evaluasi Program CIPP, Kurikulum, Standar Isi
Bibliografi : lembar 150-152
SS00011827 | Sk 11827 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain