Text
Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) di kelas VB SD Negeri Kalibaru 2 Cilodong Depok
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VB SD Negeri Kalibaru 2 Cilodong Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB pada semester 2 tahun ajaran 2015-2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penyelesaian masalah terkait kubus dan balok mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,23% dan pada siklus II mencapai 84,62%. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT juga meningkat dari perolehan pemantau aktivitas guru siklus I sebesar 73,34% dan pemantau aktivitas siswa sebesar 74,23%. Pada siklus II persentase perolehan pemantau aktivitas guru sebesar 88,34% dan perolehan pemantau aktivitas siswa sebesar 90,51%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatakan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VB SD Negeri Kalibaru 2 Cilodong Depok.
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Bibliografi : lembar 128-130
SS00011994 | SK 11994 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain