Text
Peningkatan kemahiran menulis dengan menggunakan media gambar untuk siswa kelas X di SMA Islam Asy-Syafi'iyah 01 Jakarta
ABSTRAK
ISHMAH MUWAHHIDAH, Peningkatan Kemahiran Menulis Terikat
Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Siswa Kelas X SMA Islam As-
Syafi’iyah 01 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Desember 2013.
Penelitian dilaksanakan di SMA Islam As-syafi’iyah 01 Jakarta pada bulan April
– Mei 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemahiran menulis
terikat dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar pada
siswa kelas 1 SMA Islam As-Syafi’yah 01 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas. Sumber data
dalam penelitian ini mencakup siswa kelas 1 SMA Islam As-Syafi’iyah 01 Jakarta yang
berjumlah 40 siswa.
Penelitian Tindak Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari
Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui
empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil peningkatan kemahiran menulis terikat diperoleh dari hasil evaluasi di
akhir kegiatan penelitian dengan memberikan soal berjumlah 15 soal.
Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata
peningkatan kemahiran menulis terikat dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa
SMA Islam As-Syafi’iyah 01 Jakarta adalah 63,9, pada siklus II nilai rata-rata
peningkatan kemahiran menulis terikat dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa
SMA Islam As-Syafi’iyah 01 Jakarta menjadi 72,9.
Implikasi hasil penelitian menggunakan media gambar untuk meningkatkan
kemahiran menulis terikat dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa SMA Islam As-
Syafi’iyah 01 Jakarta adalah pada siklus I mencapai rata-rata nilai 63,9, nilai ini belum
mencapai hasil yang diharapkan, karena para siswa belum beradaptasi dan belum
terbiasa dengan media ini. Dan pada siklus II peneliti melaksanakan proses
pembelajaran kosakata dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I
yang membedakan adalah peneliti memberikan gambar lebih bervariasi, sehingga siswi
tidak merasakan kebosanan, dan terpecahnya konsentrasi mereka. Dan gambar-gambar
inilah yang menjadikan siswa mampu untuk meningkatkan kemahiran menulis terikat.
Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 72,9, atau indicator pencapaian berhasil
diraih, 30 siswi mencapai hasil ujian ±70 sehingga 75% dari jumlah siswa mencapai
م
hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemahiran
menulis terikat dalam belajar bahasa Arab pada siswa SMA As-Syafi’iyah 01 Jakarta
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media gambar memberi peningkatan pada
kemahiran menulis terikat dalam belajar Bahasa Arab siswa SMA Islam As-syafi’iyah
01 Jakarta. Dengan demikian media gambar ini dapat digunakan sebagai salah satu
media dalam pembelajaran menulis terikat sehingga siswa menjadi senang dan merasa
lebih mudah dalam mempelajari kemahiran menulis Bahasa Arab.
Bibliografi : lembar 99-101
SS00011923 | SK 11923 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain