Text
Kualitas tes sumatif bahasa Arab kelas XI SMA Negeri 1 Parungkuda Sukabumi
ABSTRAK
HANI WIJAYANTI. KUALITAS TES SUMATIF BAHASA ARAB KELAS
XI SMA NEGERI 1 PARUNGKUDA SUKABUMI. Skripsi. Jakarta: Program
Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri
Jakarta Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes sumatif di SMA
Negeri 1 Parungkuda pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas XI berdasarkan
validitas empiris menggunakan rumus biserial, reliabilitas dengan metode belah
dua ganjil genap, indeks kesukasaran, daya pembeda, dan juga indeks pengecoh
atau distraktor.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan analisis isi
tes sumatif. Adapun pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan cara
analisis validitas empiris menggunakan rumus biserial, reliabilitas dengan metode
belah dua ganjil genap, indeks kesukaran, daya pembeda, dan juga indeks
pengecoh atau distraktor.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat
disimpulkan bahwa kualitas tes sumatif kelas XI di SMA Negeri 1 Parungkuda
berdasarkan pada validitas dan reliabilitas kualitasnya baik. Hal ini karena tes
sumatif tersebut memiliki validitas sebesar 75% dan reliabilitasnya sebesar
r11=0,82, dan nilai tersebut lebih besar dari pada rtabel=0,234.
Jika dilihat dari tingkat kesukaran dan daya pembeda, maka kualitas tes
sumatif tersebut tergolong buruk. Hal ini terlihat dari jumlah soal yang tergolong
sedang hanya 6 butir soal (15%), dan kebanyakan butir soal dalam tes ini
tergolong soal yang mudah yaitu sebanyak 33 butir soal (83%) dan butir soal yang
tergolong sulit hanya 1 butir soal (2%).
Begitu juga jika dilihat berdasarkan daya pembeda, soal-soal yang
tergolong cukup di dalam tes sumatif tersebut hanya 15 butir soal (37%) dan soal
yang baik hanya 1 butir soal (3%). Selebihnya, sebanyak 24 butir soal termasuk
soal yang memiliki daya pembeda buruk (60%).
Adapun indeks pengecoh di dalam tes sumatif tersebut sebanyak 21 opsi
jawaban tergolong sangat baik (13%), 20 opsi jawaban tergolong baik (13%),
sebanyak 12% atau 19 opsi jawaban tergolong cukup, dan 21 opsi jawaban
tergolong sangat buruk (13%). Selebihnya, sebanyak 75 opsi jawaban tergolong
opsi jawaban yang buruk (48%).
Bibliografi : lembar 71-73
SS00011908 | SK 11908 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain