Text
Nilai-nilai akhlak terpuji dalam kasidah " Burdah " karya Imam Bushiri dan implikasinya terhadap pengajaran telaah sastra Arab
ABSTRAK
RIZQIAH MAULIDIYAH. Nilai-Nilai Akhlak Terpuji dalam Kasidah
Burdah Karya Imam Bushiri dan Implikasinya terhadap Pengajaran Telaah Sastra
Arab. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan
Seni. Univesritas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang nilainilai
akhlak yang baik dalam Qasīdah al-Burdah Imam Būshīri agar hasilnya dapat
diimplikasikan dalam pengajaran Telaah Sastra Arab bagi Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Bahasa Arab.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif
dengan analisis isi. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai akhlak terpuji yang terdapat
dalam Qasīdah al-Burdah Imam Būshīri yang tediri dari 160 bait puisi. Instrumen
penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan tabel klasifikasi.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada 64 penemuan dari 51 bait
Qasīdah al-Burdah yang di dalamnya terdapat nilai-nilai akhlak terpuji dengan
perincian sebagai berikut :
1. Ada 1 bait yang berisi nilai akhlak kejujuran (1,6 %).
2. Ada 1 bait yang berisi nilai akhlak tawadhu’ (1,6 %).
3. Ada 1 bait yang berisi nilai akhlak percaya kepada Allah (1,6 %).
4. Ada 4 bait yang berisi nilai akhlak takwa (6,3 %).
5. Ada 5 bait yang berisi nilai akhlak menahan hawa nafsu (7,8 %).
6. Ada 5 bait yang berisi nilai akhlak memohon ampun kepada Allah (7,8 %).
7. Ada 1 bait yang berisi nilai akhlak persaudaraan (1,6 %).
8. Ada 1 bait yang berisi nilai akhlak bertutur kata yang baik (1,6 %).
9. Ada 7 bait yang berisi nilai akhlak mengikuti akhlak nabi (10,9 %).
10. Ada 1 bait yang berisi nilai akhlak istiqamah (1,6 %).
11. Ada 2 bait yang berisi nilai akhlak menjalin silaturrahmi (3 %).
12. Ada 4 bait yang berisi nilai akhlak cinta kepada Allah (6,3 %).
13. Ada 23 bait yang berisi nilai akhlak cinta kepada Rasulullah (35,9 %).
14. Ada 2 bait yang berisi nilai akhlak zuhud (3 %).
15. Ada 5 bait yang berisi nilai akhlak mulia/murah hati (7,8 %).
16. Ada 1 bait yang berisi nilai akhlak sabar (1,6 %).
Implikasi hasil penelitian ini terhadap pengajaran Telaah Sastra Arab adalah
dapat menjadikan Qasīdah al-Burdah Imam Būshīri sebagai salah satu bahan
pelajaran dalam pengajaran Telaah Sastra Arab khususnya dalam pengajaran puisi,
agar mahasiswa dapat menganalisis nilai-nilai akhlak terpuji yang terdapat di
dalamnya sehingga menumbuhkan kecintaan untuk mempelajari pelajaran Telaah
Sastra Arab dan meningkatkan kemampuan dalam menganalisis syair Arab.
Bibliografi : lembar 96-99
SS00011948 | SK 11948 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain