Text
Kesalahan dalam penggunaan kolokasi bahasa Arab pada keterampilan menulis mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab Universita Negeri Jakarta
ABSTRAK
Khairunnisa. Kesalahan dalam Penggunaan Kolokasi Bahasa Arab pada
Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa
Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai bentuk
kesalahan, jenis kesalahan dan persentasenya serta faktor-faktor penyebab
terjadinya kesalahan penggunaan Kolokasi bahasa Arab pada keterampilan
menulis mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta sejak bulan Maret hingga
Juni 2016. Data penelitian ini berupa hasil keterampilan menulis dengan
menggunakan kolokasi bahasa Arab dengan sumber data mahasiswa Jurusan
Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 30 orang, adapun metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi dan
dengan prosedur penelitian sebagai berikut : mengumpulkan kesalahan yang
terdapat pada lembar jawaban mahasiswa ; mendiagnosa bentuk-bentuk kesalahan
; mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk kesalahan berdasarkan
jenis-jenis kesalahan،yaitu : kesalahan jarang ,merata ,dan umum ; menjelaskan
bentuk-bentuk kesalahan dan ; menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya
kesalahan.
Berdasarkan analisis kesalahan berbahasa penggunaan kolokasi bahasa
Arab dalam keterampilan menulis, hasil yang diperoleh adalah terdapat kesalahan
merata pada kolokasi bahasa Arab dengan persentase 58,4% .
Adapun sebab kesalahannya, antara lain: (1) Faktor bahasa berupa
language transfer dan intralingual (2)faktor selain bahasa itu sendiri berupa tehnik
mengajar dan materi serta situasi sosiolinguistik, modalitas, usia, kurang
stabilitasnya “antarbahasa” seseorang, dan hirarki kesukaran yang semesta.
Implikasi penelitian ini ialah dalam pengajaran bahasa Arab khususnya
pada keterampilan menulis dan semantik. Dengan melakukan analisis kesalahan
guru dapat mengetahui kesalahan jarang, merata dan umum yang dilakukan oleh
siswa dalam penggunaan kolokasi bahasa Arab pada keterampilan menulis. Maka
dari itu, para guru diharapkan untuk memperhatikan jenis kesalahan jarang,
merata dan umum yang dilakukan oleh siswa kemudian menjelaskannya hingga
mereka memahaminya dengan baik, dan diharapkan pula untuk menggunakan
media yang sesuai dan metode serta teknik yang bagus dalam pengajaran.
Bibliografi : lembar 67-68
SS00011947 | SK 11947 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain