Text
Efektifitas pendekatan drill dan pendektan taktis terhadap kemampuan passing atas pada ekstra kurikulum bola voli SMKN 26 Jakarta
Paulus Ajie Christyanto. Efektivitas pendekatan Drill dan Taktis Terhadap Kemampuan Passing Atas Bola Voli Pada Siswa Extrakurikuler SMK Negeri 26 Jakarta Timur.Skripsi. Jakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta Tahun 2016
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara pendekatan drill dan pendekatan taktis terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli pada siswa SMK Negeri 26 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di lapangan olahraga SMK Negeri 26. Penelitian ini dilaksanakan 16 kali pertemuan dengan menggunakan metode eksperimen dengan jumlah sampel 30 siswa dari 30 populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara totaling sampling dan diperoleh 30 sampling. Sampel ditetapkan dari seluruh siswa yang mengikuti extrakurikuler bola voli di SMK Negeri 26 Jakarta.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji âTâ dimulai dengan menghitung nilai t untuk membandingkan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% , hasil analisis data adalah sebagai berikut : pada pendekatan drillmemperoleh nilai rata-rata 4,6 standar deviasi dari difference 0,49, nilai standar error dari mean difference 0,13 dan nilai t-hitung 35,4 dan kelompok pendekatan taktis memperoleh rata-rata 4,3 standar deviasi dari difference 0,70, nilai standar error dari mean difference 0,19 dan nilai t-hitung 22,6.
Hasil data untuk membandingkan tes akhir antara kelompok pendekatan drill dan pendekatan taktis. Kelompok pendekatan drill memperoleh hasil nilai standar deviasi 1 dan nilai standar error perbedaan mean 0,27 sedangkan pendekatan taktis nilai standar deviasi 0,92 dan nilai standar error perbedaan mean sebesar 0,24 t-hitung 2,25 dan nilai t-tabel derajat kebebasan (dk) = (15+15) -2 = 28 pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 2,05 jadi t-hitung > t-tabel. Berdasarkan hipotesis statistik maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0 ) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pendekatan drill dan taktis sehingga pendekatan drill lebih efektif daripada pendekatan taktis i
terhadap kemampuan passing atas bola voli pada siswa extrakurikuler SMK Negeri 26 Jakarta.
Bibliografi : lembar 44
SS00011971 | SK 11971 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain