Text
Peningkatan hasil belajar bahasa Arab melalui model cooperative learning tipe teams games tournaments (TGT) pada siswa di MTs Negeri 31 Jakarta
ABSTRAK
HIKMA PRASETYARINI, Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab
Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Di
MTs. Negeri 31 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.
Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Negeri 31 Jakarta pada bulan April
2016 dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Arab.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 1 Mts. Negeri 31 Jakarta dengan jumlah 32
siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi peneliti dan
siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi.
Pembelajaran bahasa arab dengan Metode Cooperative Learning tipe
Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab
pada siswa kelas VII di MTs. Negeri 31 Jakarta. Hasil yang diperoleh pada setiap
siklus adalah sebagai berikut: siklus I persentase yang diperoleh dari hasil tes
bahasa arab siswa kelas VII MTs. Negeri 31 Jakarta yaitu 59,37% sebanyak 19
siswa mencapai nilai KKM 70 dan memperoleh nilai rata-rata 72,46 dari jumlah
siswa. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil tes bahasa arab siswa kelas VII
MTs. Negeri 31 Jakarta dengan persentase 87,50% sebanyak 28 siswa yang
mencapai nilai KKM 70 dan memperoleh nilai rata-rata 82,71 dari jumlah siswa
Implikasi penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab
siswa di MTs Negeri 31 Jakarta. Guru dan siswa dapat menerapkan metode ini
pada aktivitas pembelajaran dengan materi yang sesuai, agar dapat menciptakan
suasana belajar yang kondusif dan menarik.
Bibliografi : lembar 82-83
SS00011931 | SK 11931 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain