Text
Pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan hasil belajar terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMA N 44 Jakarta
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN HASIL BELAJAR TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA N 44 JAKARTA
Fifi Angelica Candra
(Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNJ)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan hasil belajar terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI di SMA N 44 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis path. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI di SMA N 44 Jakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini 105 siswa. Teknik pengambilan data primer menggunakan kuesioner sedangkan untuk data sekunder dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan hasil belajar terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada kelas XI di SMAN 44 Jakarta di dapat kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh langsung antara status sosial ekonomi keluarga dan minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada kelas XI di SMAN 44 Jakarta sebesar 0,539. 2) Terdapat pengaruh langsung antara hasil belajar dan minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada kelas XI di SMAN 44 Jakarta sebesar 0,46. 3) Sedangkan pengaruh tidak langsung antara status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar berkontribusi sebesar 0,795. Dengan demikian tinggi rendahnya hasil belajar dijelaskan oleh status sosial ekonomi keluarga.
Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Keluarga, Hasil Belajar, Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi.
Bibliografi : lembar 118-120
SS00010652 | SK 10652 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain