Text
Peningkatan hasil belajar lari cepat melalui metode bermain pada siswa kelas V SD Negeri 1 Semaya : penelitian tindakan kelas
Abstrak
Penerapan metode bermain dalam pembelajaran lari cepat merupakan alternative dalam memecahkan beberapa masalah yang dihadapi guru dalam upaya mengaktifkan siswa dalam belajar karena guru penjasorkes berperan sebagai pemimpin siswa, manajer yang mengelola kegiatan belajar dan mengajar, fasilitator yang berupaya menciptakan lingkungan belajar yang mengefektifkan proses belajar siswa.
Metode pembelajaran dengan penerapan bermain dalam pembelajaran lari cepat pada siswa kelas V SD Negeri 1 Semaya mempunyai peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu persentase ketuntasan hasil belajar lari cepat pada siklus I adalah 64,71% dan untuk siklus II sebesar 85,29% yang artinya dengan penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat.
Penerapan metode bermain ternyata efektif dalam proses pembelajaran lari cepat yang dikemas dalam bentuk permainan. Selain itu, dapat bermanfaat dan menimbulkan suasana pembelajaran yang lebih baik, karena siswa merasa senang dan gembira dalam menerima dan mengikuti pembelajaran lari cepat.
Kata Kunci : Peningkatkan Hasil Belajar, Lari Cepat , Metode BermainBibliografi : lembar 128-131
TM00002103 | TM 2103 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain