Text
manajemen dakwah sosial di lembaga kemanusiaan : studi program disaster and sosial mitigation dalam aksi cepat tanggap
ABSTRAK
Muhammad Fadhlullah, Manajemen Dakwah Sosial Di Lembaga Kemanusiaan (Studi Program Disaster and Social Mitigation Aksi Cepat Tanggap), Skripsi. Jakarta: Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Manajemen Dakwah Sosial Di Lembaga Kemanusiaan (Studi Program Disaster and Social Mitigation dalam Aksi Cepat Tanggap). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan teori Fungsi Manajemen Dakwah yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan atau pergerakan, serta pengawasan dakwah. Kemudian teori Manajemen Dakwah tersebut dikonstuk menjadi Fungsi Manajemen Dakwah Sosial.
Berdasarkan hasil penelitian, ACT telah memenuhi indikator tercapainya fungsi manajemen. Dalam hal perencanaan, ACT telah memenuhi unsur-unsur perencanaan yaitu adanya saran perencanaan, waktu atau momen yang dibutuhkan untuk menyusun langkah atau strategi dakwah, dan aktivitas atau proses pelaksanaan dakwah. Pada tahap pengorganisasian, ACT telah memiliki struktur organisasi yang terdiri dari pengurus inti dan relawan yang bertugas sesuai dengan divisi dan tugasnya masing-masing. Pada tahap pelaksanaan, unsur-unsur yang diperlukan adalah aktivitas dakwah dan pelaku dakwah. Aktivitas dakwah tersirat dalam program-program yang direncanakan, mulai dari pas bencana, pasca bencana, serta Bencana Sosial. Adapun pelaku dakwah sosial adalah Tim ACT sendiri, Relawan, dan Pihak-pihak tertentu yang dipilih untuk bekerjasama dengan ACT. Pada pengawasan, ACT telah memenuhi indikator-indikator yang dibutuhkan agar proses pengawasan berjalan dengan baik.
Program-program yang dirancang itupun menyiratkan nilai-nilai dakwah didalamnya ialah nilai kepedulian terhadap sesama manusia dan alam, nilai jihad, nilai pendidikan, dakwah dengan melakukan perbuatan, tolong-menolong, meningkatkan nilai-nilai tauhid, mengembalikan kesejahteraan masyarakat serta nilai kebersihan dan kesehatan. Nilai-nilai itu dibutuhkan untuk meningkatkan solidaritas dan rasa kemanusiaan diantara sesama manusia, khususnya kaum Muslimin.
Kata Kunci: ACT, Dakwah Sosial, Lembaga Kemanusiaan, Manajemen Dakwah, Nilai-nilai Dakwah.
Bibliografi : lembar 100-102
SS00010664 | SK 10664 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain