Text
Pengaruh metode kooperatif dan kreativitas siswa terhadap kemampuan menulis cerita pendek : penelitian eksperimen pada siswa IX SMP Negeri 10 kota Tangerang Selatan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kooperatif dan kreativitas terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Tangerang Selatan dengan 28 sampel yang dipilih dengan sampling acak sederhana. Sampel diambil 27% dari kelompok kreativitas tinggi dan 27% dari kelompok kreativitas rendah, jadi sampel 28 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah by level design 2 x 2 ANOVA dua jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan menulis cerpen siswa yang diberi pengajaran dengan teknik Six Thinking Hats lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi pengajaran dengan teknik Numbered Heads Together. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode kooperatif dan kreativitas siswa terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. (3) Kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang diberi pembelajaran dengan teknik Six Thinking Hats memiliki rata-rata skor kemampuan menulis cerpen lebih tinggi daripada yang diberi pembelajaran dengan teknik Numbered Heads Together. P*(4) Tidak terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara yang diberi pembelajaran dengan teknik Six Thinking Hats dan yang diberi pembelajaran teknik Numbered Heads Together.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru bahasa Indonesia, untuk menggunakan metode kooperatif Six Thinking Hats dan Numbered Heads Together sebagai variasi teknik pembelajaran dan tetap harus mempertimbangkan tingkat kreativitas siswa dalam memilih suatu teknik pembelajaran.
Kata kunci : Metode Kooperatif, Kreativitas, Kemampuan Menulis CerpenBibliografi : lembar 162-165
TM00002120 | TM 2120 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain