Text
Pengaruh media pembelajaran permainan monopoli terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan : studi eksperimen di SMPN 1 Tambun Selatan
ABSTRAK
Astria Febriyanti, Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan di SMPN 1 Tambun Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Untuk mendapatkan data hasil belajar digunakan tes sebanyak 30 soal dengan 4 alternatif jawaban A,B,C,D. Skor untuk setiap soal adalah satu untuk jawaban yang benar dan nol untuk jawaban yang salah.
Uji validitas instrumen hasil belajar menggunakan rumus korelasi point biserial pada taraf signifikan 0,05 dengan N = 33 diperoleh sebesar 0,344. Sedangkan reliabilitas instrumen hasil belajar digunakan rumus KR-21, dari perhitungan diperoleh hasil 0,9886 sehingga instrumen reliabel. Pada uji coba penelitian diperoleh 30 soal valid dan 10 soal invalid. Pengujian homogenitas data dilakukan dengan uji F. Pada perhitungan data pre test diperoleh 1,31 dan pada perhitungan data post test diperoleh sedangkan 1,80 maka disimpulkan data populasi mempunyai varians homogen. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas data populasi dengan menggunakan liliefors. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang keduanya berada dibawah nilai yaitu 0,150 berarti kedua kelas dari populasi berdistribusi normal. Pengujian Hipotesis menggunakan rumus uji-t, didapatkan 2,847 dan dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,667 dapat disimpulkan ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar PPKn peserta didik di SMPN 1 Tambun Selatan.
Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran monopoli mempengaruhi hasil belajar PPKn kelas VII SMPN 1 Tambun Selatan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Monopoli, Hasil Belajar PPKn
Bibliografi : lembar 65-67
SS00010692 | SK 10692 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain