Text
Engagement markers in English department student' finding and discussion sections of skripsi at Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Bagus Mega Jayeng Putro, 2016. Engagement Markers In English Department Students’ Finding And Discussion Sections Of Skripsi At Universitas Negeri Jakarta. Jakarta. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016
Penelitian ini dilakukan untuk menemuan fitur dari Engagement Markers pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di bagian temuan dan pembahasan. Analisis konten digunakan untuk menganalisis kata, frasa, klausa dan kalimat yang mengandung fitur Engagement Markers berdasarkan Hyland (2005) pada bagian temuan dan pembahasan di delapan belas buah skripsi yang ditulis oleh Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, sembilan skripsi berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan sembilan lagi dari Program Studi Sastra Inggris. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa mahasiswa menggunakan empat dari lima tipe Engagement Markers; yaitu, Appeal to Shared Knowledge, Personal Asides, Reader Pronoun and Directives. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa Appeal to Shared Knowledge merupakan tipe Engagement Markers yang sering digunakan (60.10%) pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di bagian temuan dan pembahasan, sementara itu Personal Asides (7.58%) merupakan tipe Engagement Markers yang paling sedikit digunakan mengindikasikan bahwa mahasiswa cenderung menjelaskan pemahaman yang sama dibanding memberikan pandangan mereka sendiri. Penggunakan ke empat tipe Engagament Markers pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di bagian temuan dan pembahasan menunjukan bahwa mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris sudah memperhatikan keberadaan pembaca dalam penulisan pada bagian temuan dan pembahasan di skipsi.
Kata Kunci: Metadiscourse, Hyland Classification of Interactional Metadiscourse, Engagement Markers, Finding and Discussion Sections, Skripsi
Bibliografi : lembar 46-47
SS00010764 | SK 10764 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain