Text
Need Analysis of the fourth graders on supplementary writing materials : a case study in SDIT As-Sa'adah Jakarta
ABSTRAK
MUTHIA AZALIA RAMADHANI. 2016. Analisis Kebutuhan Siswa Kelas
Empat untuk Suplemen Bahan Ajar Menulis (Sebuah Studi Kasus di SDIT As-
Sa’adah Jakarta). Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas
Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Kurangnya bahan ajar menulis yang sesuai untuk siswa kelas 4 telah mendorong
pada kebutuhan suplemen bahan ajar menulis. Hutchinson dan Waters (1987)
menyebutkan bahwa analisis kebutuhan dibutuhkan untuk merancang bahan ajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa pada suplemen
bahan ajar menulis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. 26 siswa dan seorang guru terlibat dalam penelitian ini.
Bahan ajar saat ini, observasi, wawancara dan kuesioner digunakan sebagai
instrumen. Bahan ajar dianalis dengan cara membandingkan dengan criteria bahan
ajar menulis yang digagas oleh Tomlinson (2013), tujuan silabus, dan tujuan
kurikulum muatan local. Kegiatan observasi dianalis dengan cara analisis catatan.
Persepsi guru dianalis dengan cara menghitung persentase hasil. Kebutuhan siswa
ditentukan dengan triangulasi data. Hasil menunjukan bahwa siswa kelas empat
membutuhkan beberapa hal dalam suplemen bahan ajar menulis.
Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Bahan Ajar Menulis, Suplemen, Kelas Empat
Bibliografi : lembar 72-75
SS00010763 | SK 10763 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain