Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dan penguasaan kosakata dengan kesantunan berbahasa siswa kelas V SDN Muara Ciujung Barat Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak
ABSTRAC
Bahasa sangat penting untuk melakukan berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan masyarakat. Manusia adalah makhluk sosial dan mekanisme utama untuk mempertahankan ikatan sosial adalah ahasa.Dengan adanya bahasa manusia dapat menambah keakraban dengan orang lain.Dalam erbahasa tentu ada norma yang harus ditaati, bagaimana berbahasa dengan etika yang baik dan santun. Kesantunan berbahasa merupakan aturan perilaku yang ditetapkan dan disepakati bersama oleh suatu masyarakat tertentu, sehingga kesantunan sekaligus menjadi prasyarat yang disepakati oleh perilaku sosial. Dalam kenyataanya kesantunan berbahasa di Sekolah Dasar (SD) belum diimplimentasikan dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti menyadari banyak variabel yang mempengaruhi kesantunan berbahasa, namun dalam penelitian ini dibatasi hanya pada hubungan antara kecerdasan emosional dan penguasaan kosakata dengan kesantunan berbahasa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) kecerdasan emosional dengan kesantunan berbahasa, (2) penguasaan kosakata dengan kesantunan berbahasa, (3) kecerdasan emosional dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan kesantunan berbahasa. Penelitian ini dilakukan di SDN Muara Ciujung Barat Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Populasi penelitian siswa kelas V SDN Muara Ciujung Barat Rangkasbitung Semester II tahun ajaran 2012/2013. Teknik simple random sampling dari jumlah populasi 234 siswa yang diambil 100 siswa.Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes berbentuk pilihan ganda, tes tertulis, dan Focus
Bibliografi : lembar 124-127
TM00004619 | TM 4619 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain