Text
Penerapan strategi pembelajaran behavioristik pada pembelajaran tari gending sriwijaya di sanggar Sukainah Sriwijaya Jakarta
ABSTRAK
Riska Yolanda Putri. 2016. Penerapan Strategi Behavioristik Pada
Pembelajaran Tari Gending Sriwijaya di Sanggar Sukainah Sriwijaya. Skripsi,
Pendidikan Sendratasik , Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara lengkap Penerapan
Strategi Pembelajaran Behavioristik Pada Pembelajaran Tari Gending Sriwijaya di
sanggar Sukainah Sriwijaya Jakarta.
Penelitian dilaksanakan dengan prosedur penelitian kualitatif. Proses
penelitian berlangsung selama 2 bulan dari bulan Maret 2016 hingga Mei 2016.
teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, observasi, pengamatan,
studi pustaka dan studi dokumen. Teknik analisis data mencakup tahap reduksi,
penyajian data, dan penarikan, kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data
menggunakan teknik tringulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya langkah-langkah guru
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran behavioristik, melalui persiapan
pembelajaran, inti pelaksanaan pembelajaran dan penutup pembelajaran pada tari
Gending Sriwijaya dapat mengembangkan kemampuan menari peserta didik,
tanggung jawab, mandiri dalam pembelajaran serta percaya diri dalam
pengungkapan makna yang terdapat didalam tari Gending Sriwijaya melalui
ragam gerak yang dipelajarinya.
Kata kunci : Teori Behavioristik, Pembelajaran tari, Tari Gending Sriwijaya
Bibliografi : lembar 66-67
SS00010770 | SK 10770 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain