Text
Pengaruh keterampilan kewirausahaan ( entrepreneurship ) dan kecerdasan intrapersonal terhadap kepercayaan diri anak : penelitian kausal di kelompok B Taman Kanak-kanak di kabupaten Tegal, Jawa Tengah tahun 2016
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan kewirausahaan dan kecerdasan intrapersonal terhadap kepercayaan diri kelompok TK B di Kabupaten Tegal. Subyek penelitian adalah 118 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik kausal, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur. Berdasarkan perhitungan statistik, nilai koefisien korelasi antara variabel keterampilan kewirausahaan dengan keyakinan, nilai koefisien 0,844 dan 0,528 untuk jalur. Koefisien korelasi antara variabel kecerdasan intrapersonal dengan kepercayaan 0,822 dan nilai koefisien jalur adalah 0,365. Koefisien korelasi antara variabel keterampilan kewirausahaan dengan kecerdasan intrapersonal 0,865 dan nilai koefisien jalur 0,865. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh langsung yang signifikan antara keterampilan berwirausaha terhadap kepercayaan diri sebesar 52,8%; 2) ada pengaruh langsung yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal terhadap kepercayaan diri sebesar 36,5%; 3) ada pengaruh langsung yang signifikan antara keterampilan kewirausahaan terhadap kecerdasan intrapersonal 86,5%; 4) ada pengaruh tidak langsung yang signifikan antara keterampilan kewirausahaan terhadap kepercayaan diri melalui kecerdasan intrapersonal sebesar 31,57%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jika ingin meningkatkan kepercayaan diri, maka keterampilan kewirausahaan harus diberikan anak usia dini dengan perhatian intrapersonal intelijen.
Kata kunci: keterampilan kewirausahaan, kecerdasan intrapersonal, kepercayaan diri.
Abstract: The aims of this research to know the effect of entrepreneurial skills and intrapersonal intelligence toward self-confidence of kindergarten group B in Tegal regency. The subject of research are 118 children. The method of this study is quantitative research with causal technique, whereas the data analysis technique used is the method of path analysis. Based on statistical calculations, the value of the correlation coefficient between the variables of entrepreneurial skills with confidence, the coefficient values was 0.844 and 0.528 for the path. The correlation coefficient between intrapersonal intelligence variables with confidence at 0.822 and path coefficient value was 0.365. The correlation coefficient between the variables of entrepreneurial skills with intrapersonal intelligence at 0.865 and path coefficient value of 0.865. The results of this study show that: 1) there is a significant direct effect between the skills of entrepreneurship to the confidence of 52.8%; 2) there is a significant direct effect between intrapersonal intelligence to the confidence of 36.5%; 3) there is a significant direct effect between the skills of entrepreneurship against 86.5% intrapersonal intelligence; 4) there is a significant indirect effect between entrepreneurial skills towards confidence through intrapersonal intelligence was 31.57%. The conclusion of this study is if you want to increase the confidence, so the skills of entrepreneurship should be given an early age children with attention intrapersonal intelligence.
Keyword : entrepreneurhip skill, intrapersonal intelligence, self confidence.
TM00002127 | TM 2127 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain