Text
Difficulties encountered by students of english department of Universitas Negeri Jakarta in listening class : a survey
ABSTRAK
ASHIFA DWI ATMOKO. 2016. Kesulitan yang Dihadapi oleh Mahasiswa English Department Universitas Negeri Jakarta di Kelas Menyimak (Sebuah Penelitian Survey). Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesulitan, penyebab, dan strategi yang dihadapi oleh mahasiswa ED UNJ di kelas menyimak. Penelitian ini dilakukan dari Januari sampai Juli 2016 dan 20 mahasisiswa dalam kelas menyimak dasar di ED UNJ adalah responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan instrumen menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan menyimak yang dihadapi oleh mahasiswa ED UNJ adalah ketidakmampuan untuk berkonsentrasi (26%), kurangnya kontrol atas kecepatan suara (19%), tidak bisa mengulang rekaman (11%), masalah interpretasi (9%), gagal mengenali sinyal (4%). Penyebab kesulitan menyimak adalah panjangnya rekaman (30%), kegelisahan (20%), pendengaran (20%), terbatasnya waktu (10%), kapasitas memori kerja siswa (10%), penyusunan rekaman (10%). Strategi yang digunakan adalah membaca peratnyaan (34%), mencari kata kunci (22%), menebak arti (11%), memprediksi tujuan pembicara (11%), mengaktifkan latar belakang informasi (11%), mengkalrifikasi (11%). Karena masalah menyimak dihadapi oleh mahasiswa ED, penyebab dan strategi dibutuhkan untuk mengatasinya.
Kata Kunci: Menyimak, Kesulitan, Penyebab, Strategi
Bibliografi : lembar 49-50
SS00010766 | SK 10766 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain