Text
Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman materi IPA dan persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan kompetensi dasar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar : survei di Kabupaten Larangan Utara
ABSTRAC
Candra Puspita Rini. Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Materi IPA dan Persepsi Siswa Terhadap Perhatian Orang Tua dengan Kompetensi Dasar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Survei di Kelurahan Larangan Utara), Kota Tangerang, Propinsi Banten; Tesis, Jakarta: Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 2013.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa kelas V yang masih rendah. Hasil belajar yang rendah menunjukkan bahwa kompetensi dasar IPA yang dicapai siswa juga rendah. Kompetensi dasar IPA yang rendah dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya kemampuan membaca pemahaman materi IPA dan persepsi siswa terhadap perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca pemahaman materi IPA dan persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan kompetensi dasar IPA.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan tehnik korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Larangan 10 yang terletak di kelurahan Larangan Utara, kecamatan Larangan, kota Tangerang, Banten pada semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang melibatkan 80 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan instrumen tes kompetensi dasar IPA, tes kemampuan membaca pemahaman materi IPA, dan kuesioner/angket tentang persepsi siswa terhadap perhatian orang tua. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi serta korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman materi IPA memberikan kontribusi sebesar 44,95% terhadap kompetensi dasar IPA. Dan persepsi siswa terhadap perhatian orang tua
memberikan kontribusi sebesar 30,47% terhadap kompetensi dasar IPA.
Bibliografi : lembar 131-136
TM00004630 | TM 4630 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain