Text
Upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris peserta didik menggunakan metode FAIES (first aid in English system ) dan drill di lembaga kursus LPIA Villa Nusa Indah V Gunung Putri Kabupaten Bogor
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE FAIES (FIRST AID IN ENGLISH SYSTEM) DAN DRILL DI LEMBAGA KURSUS LPIA VILLA NUSA INDAH V GUNUNG P
UTRI KABUPATEN BOGOR
(2016)
Mardya Yustanti
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses pembelajaran menggunakan metode FAIES (First Aid in English System) dan metode Drill sebagai upaya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris yang dilakukan oleh Lembaga Kursus LPIA Villa Nusa Indah V Gunung Putri Kab. Bogor dalam aspek kognitif dan psikomotorik.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sebanyak 10 orang responden dari peserta Advanced. Instrumen terlebih dahulu diuji coba validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menggunakan rumus product moment untuk 40 butir soal pada 10 responden dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 0,632 dan didapat 10 soal yang drop dan soal yang valid berjumlah 30 item. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha, di dapat nilai alpha 0,917.
Hasil pengolahan data menggunakan SPSS 21 for windows menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari sebelum diterapkannya metode FAIES dan Drill dengan sesudah diterapkannya kedua metode tersebut. Diperoleh nilai rata-rata speaking sebesar 68,5 dan 72,2dengan sesudah diterapkannya kedua metode tersebut sebesar 77,2 dan 80,9. Kesimpulannya adalah penggunaan metode FAIES dan Drill dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik di Lembaga Kursus LPIA Villa Nusa Indah V Ciangsana Gunung Putri Kabupaten Bogor.
Kata kunci: Metode FAIES, Metode Drill, Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris
Bibliografi : lembar 128-129
SS00010774 | SK 10774 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain