Text
Sikap guru terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif : survei yang dilakukan di sekolah menengah pertama penyelenggara pendidikan inklusif di wilayah Jakarta Timur
SIKAP GURU TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI WILAYAH JAKARTA TIMUR
(Survei yang dilakukan di sekolah menengah pertama penyelenggara pendidikan inklusif di wilayah Jakarta Timur)
Nurulia Isnaini
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap guru terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Wilayah Jakarta Timur secara umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di tujuh sekolah negeri penyelenggara pendidikan inklusif di Wilayah Jakarta Timur dengan jumlah responden 60 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik multistage, pada teknik ini, peneliti mengambil sampel wilayah yaitu kecamatan dan sekolah secara random, kemudian mengambil sampel guru secara purposif, berdasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat peneliti. Pengumpulan data mengguanakan kuesioner dan data yang diperoleh dianalisis dengan cara deskritif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap guru terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Jakarata Timur dinyatakan baik. Hal tersebut dibuktikan dari 3 dimensi indikator yang mengacu pada pernyataan sikap guru yaitu dimensi kognitif, afektif serta konatif. Artinya sikap guru terukur dari pengetahuan, tanggapan serta tindakan terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara inklusif.
Kata Kunci : Sikap, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif
Bibliografi : lembar 84-85
SS00010772 | SK 10772 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain