Text
Peningkatan keterampilan proses sains dasar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL)(Penelitian tindakan pada siswa kelas IV SDN Jatimulya 11 Kabupaten Bekasi)
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas IV SDN Jatimulya 11 Kabupaten
Bekasi
IRIANA NGESTI UTAMI
Abstrac
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dasar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan yang menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh baik melalui observasi, wawancara, dokumentasi maupun tes. Kriteria pengamatan dan soal tes sebelumnya telah diujicobakan dan diuji validitasnya oleh expert judgment.Pengujian keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan proses sains dasar dengan diterapkannya model pembelajaran PBL pada pembelajaran IPA. Dari hasil pengamatan selama proses kegiatan pembelajaran dengan model PBL berlangsung diketahui keterampilan proses sains dasar siswa meningkat berkisar antara 3% sampai 60%. Berdasarkan hasil tes akhir (butir soal bermuatan keterampilan proses sains dasar) siklus 2 diketahui keterampilan siswa meningkat berkisar antara 0,55% sampai 51,67%. Dengan ketentuan tidakan guru dan siswa sudah mencapai 100% sesuai dengan langkah PBL (mastery learning).
Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), keterampilan proses sains dasar, penelitian tindakan.THE INCREASE OF BASIC SCIENCE PROCESS SKILLS THROUGH PROBLEM BASED LEARNING MODEL An Action Research at SDN Jatimulya 11 Bekasi in Students of 4 thGradeIRIANA NGESTI UTAMIABSTRACTThis research aims at increasing students’ basic science process skills of natural science learning through the application of Problem Based Learning (PBL) learning model.This research was conducted at SDN Jatimulya 11 at the first semester of 2012/2013 academic year, with 30 students of 4thgrade as the subject of research. This is an action research which employs Kemmis and McTaggart model that is performed in two cycles. Each cycle consists of planning, acting, observing and reflecting phase. The data was collected by test and non test.Finding reveal that there is an increase of students’ basic science process skills by using PBL learning model in natural science learning.
Bibliografi : lembar 188-191
TM00004606 | TM 4606 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain