Text
Pola sosialisasi dan internalisasi nilai sosial keagamaan pada lembaga dakwah kampus : studi kasus Masjid Ulul Al-Baab Islamic Center Al-Ijtimasi forum studi islam al-Biruni
ABSTRAK
Indira Rahmayanti. Pola Sosialisasi Dan Internalisasi Nilai Sosial Keagamaan Pada Lembaga Dakwah Kampus, Studi Kasus: Masjid Ulul Al-Baab, Islamic Center Al-ijtimai, Forum Studi Islam Al-Biruni. Skripsi. Jakarta. Program Studi Sosiologi (Pembangunan). Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses sosialisasi nilai-nilai keagamaan kepada anggota di Lembaga Dakwah Kampus dan hubungannya dengan organisasi kemahasiswaan lainnya. Penelitian ini menggambarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Lembaga Dakwah Kampus dan pola sosialisasi nilai sosial keagaamaan ke anggota organisasi menggunakan konsep organisasi keagamaan, sosialisasi nilai-nilai dan analisis teori Peter L. Berger.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada tiga organisasi keagamaan di UNJ, yaitu Masjid Ulul Al-Baab di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Islamic Center Al-ijtimai pada Fakultas Ilmu Sosial dan Forum Studi Islam Al-Biruni di Fakultas Teknik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya terdiri dari tiga orang anggota masing-masing Lembaga Dakwah dan tiga orang ketua BEM masing-masing fakultas.
Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan dari cara penanaman nilai-nilai kepada anggota Lembaga Dakwah di Masjid Ulul Al-Baab, Islamic Center Al-ijtimai, Forum Studi Islam Al-Biruni. Selain itu juga melihat bentuk hubungan dengan organisasi kemahasiswaan lainnya yang ada di masing-masing fakultas. Perbedaan ini terjadi karena pola sosialisasi yang berbeda di setiap organisasi. Hasil dari analisis dapat diketahui bahwa selama proses sosialisasi terdapat tiga tahap momen dialektis yang mempengaruhi anggota dalam menerima nilai sosial keagamaan dari organisasi yaitu eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Hasil dari proses sosialisasi nilai tersebut di wujudkan anggota dalam sikap, penampilan dan perilaku dalam kehidupan keseharian anggota.
Kata Kunci: Lembaga Dakwah Kampus, Pola Sosialisasi, Sosialisasi Nilai
Bibliografi : lembar 103-104
SS00010715 | SK 10715 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain