Text
Peran sekolah inklusi dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus : studi siswa berkebutuhan khusus di SMA Negeri 54 Jakarta
ABSTRAK
Yuliana Karniawati, Peran Sekolah Inklusi Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkup Sosial SMA Negeri 54 Jakarta (Survey Terhadap Siswa ABK SMA Negeri 54 Jakarta, Kelurahan , Kecamatan , Provinsi DKI Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sosiologi, Falkultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami tentang peran-peran yang dilakukan sekolah inklusif SMA Negeri 54 Jakarta dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus. Selain itu penelitian ini mengfokuskan pada dampak perkembangan bagi siswa berkebutuhan khusus. Peneliti mengangkat dua permasalahan utama dalam penelitian ini. Pertama apa peran sekolah dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus di SMA Negeri 54 Jakarta. Kedua, apa dampak peran sekolah inklusif SMA Negeri 54 Jakarta bagi peningkatan kemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus.
Penelitian ini dilakukan memggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif pada informan di lapangan yang menghasilkan data secara deskriptif, yakni gambaran implementasi peran sekolah inklusif di lapangan secara sistematis dan aktual. Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan studi pustaka. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling, yakni atas dasar penelitian bahwa para informan mengetahui secara baik permasalahan yang diteliti. Untuk itu, informan dalam penelitian ini ialah siswa berkebutuhan khusus, guru kesiswaan, orangtua siswa berkebutuhan khusus, dan siswa reguler.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penerapannya, pihak sekolah membuat kebijakan-kebijakan. Kultur sekolah SMAN 54 Jakarta yang dibangun mendukung berkembangnya kemampuan sosial siswa berkebutuhan khusus. Implementasi pendidikan inklusif terhadap siswa berkebutuhan khusus adanya peningkatan kepercayaan diri siswa, meningkatnya motivasi belajar, dan siswa belajar bersosialisasi di lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Siswa Berkebutuhan Khusus, Interaksi Sosial, Pendidikan Inklusif, Adaptasi Sosial
Bibliografi : lembar 103-104
SW00002505 | SW 2505 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - PENYIANGAN SKRIPSI 2023 |
Tidak tersedia versi lain