Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Parung
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SMA NEGERI 1 PARUNG
(2016)
ASRIADI IBRAHIM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar SMA Negeri 1 Parung Pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Intrument yang digunakan adalah untuk kemandirian belajar dan instrument yang digunakan untuk hasil belajar adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional. 2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar. 3) hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran inkuiri dengan kemandirian belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional dengan kemandirian belajar tinggi. 4) hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran inkuiri dengan kemandirian belajar hasilnya lebih rendah dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional dengan kemandirian belajar rendah.
Kata Kunci: Hasil belajar sejarah, metode pembelajaran kemandirian belajar
Bibliografi : lembar 109-112
TM00002134 | TM 2134 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.01) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain