Text
Perbedaan prestasi belajar antara anak yang tidak bekerja dengan anak yg bekerja : studi Ex post facto di SMP sekolah master Yayasan Bina Insan Mandiri Depok
ABSTRAK
Indrianie Dewi. Perbedaan Prestasi Belajar Antara Anak Yang Tidak
Bekerja Dengan Anak Yang Bekerja (Studi Ex Post facto Di SMP Sekolah
MASTER Yayasan Bina Insan Mandiri Depok). Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas
Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
prestasi belajar antara anak yang tidak bekerja dengan anak yang bekerja di SMP
sekolah MASTER Yayasan Bina Insan Mandiri Depok. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Sekolah MASTER pada semester ganjil 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah dokumentasi dengan cara mengkaji dokumen data
pribadi anak peserta didik yang diperoleh dari buku leger kelas di SMP Sekolah
MASTER Yayasan Bina Insan Mandiri Depok. Data prestasi belajar diperoleh
dari hasil raport anak semester satu. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Propotionate random sampling yaitu seluruh anak peserta didik tingkat SMP
Sekolah Master yang tidak bekerja dengan yang bekerja sebagai sampel.
Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) pada taraf signifikan α =
0,05 dan diperoleh nilai thitung sebesar 4,75 dan di peroleh ttabel sebesar 4,00,
maka thitung > ttabel yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar anak yang tidak
bekerja dengan anak yang bekerja, dengan nilai rata-rata skor anak pada anak
yang tidak bekerja sebesar 7,24 dan skor rata-rata pada anak yang bekerja sebesar
6,28. Maka dapat dikatakan bahwa prestasi belajar anak yang tidak bekerja lebih
baik dibandingkan dengan anak yang bekerja.
Kata kunci: Prestasi belajar, Anak Pekerja, Sekolah MASTER
Bibliografi : lembar 70-72
SS00011031 | SK 11031 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain