Text
Perbedaan hasil belajar IPS siswa pada keluarga orangtua lengkap dengan keluarga orangtua tunggal : studi Ex post facto pada siswa kelas VIII SMP Negeri 163 Jakarta
ABSTRAK
Kamilia Fairuz Hisana. Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa pada Keluarga
Orangtua Lengkap dengan Keluarga Orangtua Tunggal. (Studi Ex Post Facto
pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 163 Jakarta), Skripsi, Jakarta: Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri
Jakarta, 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar IPS siswa pada keluarga orangtua lengkap dengan keluarga orangtua
tunggal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Propotionate stratified random sampling yaitu siswa kelas
VIII yang berasal dari keluarga orangtua lengkap dengan siswa pada keluarga
orangtua tunggal sebagai sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah dokumentasi dengan cara mengkaji dokumen data pribadi siswa yang
diperoleh dari buku leger kelas VIII SMP Negeri 163 Jakarta. Data hasil belajar
diperoleh dari hasil UTS siswa pada semester genap.
Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) pada taraf signifikan α = 0,05
dan diperoleh nilai T sebesar 4,879 dan di peroleh T sebesar 1.992, maka
T > T sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS
siswa pada keluarga orangtua lengkap dengan keluarga orangtua tunggal, dengan
nilai rata-rata skor siswa 85,77 pada keluarga orangtua lengkap dan skor siswa pada
keluarga orangtua tunggal 77,93. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar IPS
siswa pada keluarga orangtua lengkap lebih baik dibandingkan dengan siswa pada
keluatga orangtua tunggal.
Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Orangtua Lengkap, Orangtua Tunggal
Bibliografi : lembar 84-85
SS00011032 | SK 11032 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain