Text
Peningkatkan kemampuan Matematika tentang konsep perkalian dan pembagian melalui metode Problem Posing pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 14 Pagi Jakarta Selatan tahun pelajaran 2012/2013
RINGKASAN
Fatihin, Peningkatkan Kemampuan Matematika tentang Konsep Perkalian dan Pembagian Melalui Metode Problem Posing Pada Siswa Kelas IV SDN Menteng Atas 14 Pagi Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Tesis. Jakarta: Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta, 2013.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang penggunaan metode problem posing untuk meningkatkan kemampuan matematika tentang perkalian dan pembagian kelas IV SDN Menteng Atas 14 Pagi. Penelitian dilaksanakan di SDN Menteng Atas 14 Pagi dengan subyek penelitian adalah Siswa kelas IV pada semester 2 tahun pelajaran 2012-2013.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral atau siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Tanggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kemudian diulang pada siklus berikutnya.Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa pada siklus Ihasil belajar siswa hanya mencapai nilai rata 60, instrumen pemantau tindakan guru 65 % dan instrumen pemantau tindakan siswa 60 %, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 72 sedangkan instrumen pemantau tindakan guru 75 % dan instrumen pemantau tindakan siswa mencapai angka 80%. pada siklus III hasil belajar siswa mencapai nilai ratarata 76 sedangkan instrumen pemantau tindakan guru 85 dan instrument pemantau tindakan siswa mencapai angka 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode problem posing dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika.Implikasi dari penelitian ini adalah metode problem posing dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan matematika tentang konsep perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV sekolah dasar.
Bibliografi : lembar 195-196
TM00004608 | TM 4608 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain